PEMERINTAH KOTA MAGELANG

RSUD Tidar Kota Magelang Kini Punya Klinik Tumbuh Kembang Anak

rudi kurniawanto || Diskominsta

Jumat, 20 Januari 2023

Bagikan :

RSUD Tidar Kota Magelang kini memiliki Klinik Tumbuh Kembang (Tumbang) Anak

KOTA MAGELANG – RSUD Tidar Kota Magelang kini memiliki Klinik Tumbuh Kembang (Tumbang) Anak yang diresmikan oleh Plt Direktur RSUD Tidar Kota Magelang, dr. Qurniawan Pratata, Senin (16/1/2023). Peresmian dihadiri pula oleh Kepala DP4KB Khudoifah, Kepala Dinas Kesehatan dr. Istikomah, Tim Pakar Audit Stunting Kota Magelang, serta Jajaran Manajemen dan Civitas Hospitalia RSUD Tidar.

 

Klinik Tumbang adalah klinik yang menangani anak-anak dengan permasalahan pertumbuhan dan perkembangan, baik karena kelainan saat lahir maupun kemampuan anak yang lebih lambat dari rata-rata anak lainnya.

 

“Klinik ini akan memantau perkembangan serta menstimulasi tumbuh kembang anak sehingga diharapkan mampu mengejar ‘tugas perkembangan’ yang tertinggal,” terang Direktur RSUD Tidar Kota Magelang, dr. Qurniawan Pratata, Rabu (18/1/2023).

 

Layanan Klinik Tumbang yang di sediakan meliputi pemeriksaan tumbuh kembang dengan Uji Denver, Bera, konsultasi dengan psikiater, funduskopi, pelayanan gizi, imunisasi anak, terapi wicara, okupasi terapi dan lain-lain. Klinik juga diampu oleh tenaga-tenaga profesional seperti dokter anak, dokter spesialis THT, psikiater, dokter spesialis mata, ahli gizi, dokter rehabilitasi medik beserta tim-nya.

 

“Jadi, Bapak Ibu tidak perlu ragu untuk berkonsultasi di Klinik Tumbuh Kembang Anak RSUD Tidar Kota Magelang,” tandas Qurniawan.

 

Lebih lanjut, kehadiran Klinik Tumbang RSUD Tidar Kota Magelang diharapkan bisa menurunkan prevelensi stunting di tahun 2024 menjadi 14%, sekaligus mendukung Kota Magelang menjadi Kota Layak Anak serta mendukung Program Unggulan Wali Kota Magelang yaitu Rodanya Mas Bagia (Program Pemberdayaan Maju, Sehat, dan Bahagia). (pemkotmgl)

 

 

Bagikan :